• 17

    Dec

    Bingung tentang Karbohidrat ?

    Saya ingin mensharingkan tentang karbohidrat, bagi sebagian orang karbohidrat itu penting bagi tubuh dan lainnya mengatakan bahwa karbohidrat itu tidak baik untuk tubuh. Sebenarnya, ada ‘karbohidrat baik’ dan ‘karbohidrat kurang baik’. ‘karbohidrat baik’ akan memicu tubuh untuk tetap aktif dan menunjang fungsi organ yang sehat. ‘Karbhidrat kurang baik’ atau karbohidrat tak bernilai bisa menggagalkan program diet kita, menimbulkan beberapa gangguan kesehatan dan bahkan bisa menyebabkan diabetes. Untuk membedakan karbohidrat itu baik atau kurang baik, kita membaginya menjadi 3 kelompok, yaitu: 1. Karbohidrat kompleks, seperti: roti gandum, oatmeal, singkong, ubi, jagung, kentang, beras merah, beberapa jenis sayur dan buah 2. Karbohi
  • 23

    Sep

    Diet dg melewatkan sarapan, justru bikin berantakan.

    Beberapa klien baruku, memiliki cerita yang hampir sama, yaitu mereka pernah melakukan diet hanya dengan makan 1-2 kali dalam sehari. Mereka mengatakan pada awalnya bisa turun beberapa kilo dalam seminggu, tapi kemudian naik lagi justru malah melewati BB awal. Sarapan pagi adalah jadwal makan terpenting dalam rangkaian pola makan kita seharian. Sarapan pegi itu mempengaruhi pola makan sepanjang hari dan mempengaruhi kebugaran tubuh kita keesokan harinya. Saya pernah ikut pelatihannya Dr. Luigi Gratton, yaitu dokter yang menangani program kebugaran dan nutrisi beberapa atlit sepakbola terkenal seperti david beckham, lionel messi dan landon donovan, mengatakan “breakfast is the most important meal of the day“. Fungsi sarapan pagi adalah menggantikan nutrisi yang hilang saat kita
  • 3

    Sep

    Ngantuk Setelah Makan Fast Food

    Judulnya kok kayak menghakimi gitu ya ?? hehe…. tapi memang itulah faktanya yang terjadi. Hari ini adalah pertama kalinya dalam 31 tahunku idup di dunia (#lebay), aku makan yang namanya pi**a di p***a H*t. Aku datang berdua ama temen, karena ini pengalaman pertamaku, kita pesen yang murah-murah aja, paket delight untuk berdua, isinya pizza + nasi daging sapi plus jamur + 2 buah minuman. murah cuman 56 ribuan aja. Aku makan nasinya dan temanku makan pizzanya. pertama kali saat merasakan nasinya, kesan pertama yang muncul adalah tastenya akan sangat mengenyangkan, dan ternyata benar untuk menghabiskannya aku butuh > 15 menit makan. Kemudian aku mencicipi 1/4 bagian pizza-nya. memang enak sih, perut rasanya kenyang banget. 1 jam setelahnya, mulai dah berasa ngantuk, wah ini pertanda
  • 14

    Aug

    Dapatkan Tidur Yang Nyenyak

    Kita semua tahu jika kita tidur dengan nyenyak, maka tubuh kita akan lebih bugar, karena kita memiliki cukup tenaga untuk beraktifitas keesokan harinya.tapi perlu diketahui juga, tidur yang nyenyak juga bermanfaat menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular. beranjak tidur dan bangun tidur pada saat yang sama setiap harinya membantu kita mendapatkan kualitas terbaik dalam tidur sehat. saya mencoba mencontohkannya kepada anda yaitu dengan menuliskan status pada saat saya ingin beranjak tidur yaitu setiap jam 10 malam, saya usahakan apapun kegiatannya saya mencoba untuk tidur tepat waktu. saya melakukan, anda juga melakukan. jadi kesimpulannya: tidur yang baik + sempatkan untuk berolahraga disetiap akhir pekan + makan secara berkala dan tidak menahan rasa lapar = kita akan
  • 4

    Aug

    Osteoporosis Ancaman Wanita Gemuk

    Osteoporosis merupakan salah satu penyakit degeneratif yang terjadi seiring penuaan. Tapi, gangguan ini bisa muncul lebih cepat pada wanita dengan berat badan berlebih. Wanita dengan berat badan berlebih, terutama pemilik tubuh berbentuk apel, memiliki risiko tinggi mengalami osteoporosis dini, dibandingkan mereka yang memiliki bentuk tubuh menyerupai buah pir. Wanita kelebihan berat badan dengan timbunan lemak terpusat di sekitar perut berada pada risiko tinggi mengembangkan osteoporosis. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa memiliki banyak lemak perut lebih berbahaya bagi kesehatan tulang daripada memiliki lebih lemak di sekitar pinggul. Mereka merupakan wanita pra-menopause dengan rata-rata indeks massa tubuh (BMI) 30 ke atas. Seluruhnya diminta menjalani pemindaian untuk
  • 4

    Aug

    Resiko Minum Minuman Isotonik Saat Sahur

    Saat ini marak iklan agar mengonsumsi minuman isotonik saat sahur. Tapi sebaiknya masyarakat tidak terkecoh, karena minuman isotonik justru sebaiknya dihindari saat sahur. Larutan isotonik sebenarnya diindikasikan untuk menggantikan cairan atau ion tubuh yang hilang melalui keringat akibat berolahraga atau beraktivitas berat. Sementara pada saat sahur orang justru baru bangun tidur dan tidak mengalami kehilangan banyak cairan, ujar Dr H. Ari Fahrial Syam, Dr Ari menuturkan sahur biasanya dilakukan saat seseorang baru bangun tidur sekitar jam 3-4 pagi. Pada kondisi normal, saat baru bangun tidur orang tidak akan mengalami kehilangan cairan dan elektrolit. Sehingga jelas bahwa larutan isotonik tidak dibutuhkan saat seseorang sahur. Larutan isotonik yang beredar dimasyarakat umumn
  • 28

    Jul

    Makanan Pengganggu ASI

    Ketika menyusui, pengaturan menu makan seorang ibu sangatlah penting, sama pentingnya dengan perawatan bayi. Selain gizi seimbang plus air putih, menu makan ibu menyusui sebaiknya juga memperhatikan beberapa zat makanan yang disinyalir dapat mengganggu produksi maupun kualitas ASI. Makanan-makanan pengganggu ini dapat masuk ke ASI dan mengganggu bayi, dua jam setelah Anda mengonsumsinya. Demikian yang ditegaskan oleh Dr. William Sears dalam The Baby Book. Tanda-tanda bahwa makanan tersebut adalah pengganggu ASI dapat dilihat pada bayi. Misalnya, bayi menjadi rewel, sakit perut, tingkah laku gelisah, atau apa yang disebut sebagai kolik 24 jam yaitu rasa sakit yang terjadi, maksimum 24 jam setelah ibu mengonsumsi makanan yang dicurigai, tapi hal itu tidak terjadi lagi sampai ibu
  • 25

    Jul

    Apa Anda seorang Carboholic ?

    KOMPAS.com Banyak dari kita yang merasa belum makan jika belum makan nasi. Baru saja makantiga slice pizza, eh… masih mencari nasi padang. Atau, makan nasi dengan lauk mi goreng atau sambal goreng kentang. Hati-hati, mungkin Anda termasuk carboholic, ataukecanduan karbohidrat. Karbohidrat memang diperlukan bagi kesehatan karena merupakan sumber utama energi. Karbohidrat diperlukan untuk mengatur gula darah, menyimpan energi, memperbaiki otot-otot, serta memelihara dan mengatur saluran pencernaan yang sehat. Namun, seperti segala sesuatu di dunia ini, segala sesuatu yang berlebihan akan memberikan dampak yang buruk. Banyak dari kita yang cenderung makan nasi berlebihan. Atau, seperti yang sudah disebut di atas tadi, mengombinasikannasi dengan karbohidrat lain sebagai laukny
  • 14

    Jul

    Jangan Simpan Buah Ini di Kulkas

    Buah yang segar memang paling enak dimakan saat cuaca panas. Namun sebaiknya Anda memilih jenis buah yang akan dimasukkan ke kulkas karena ada beberapa buah yang justru lebih enak dan bernutrisi jika dibiarkan dalam suhu ruangan. Apa saja buah itu? 1. Semangka Buah yang kaya akan air ini memiliki kandungan anti-kanker yang disebut likopen. Uniknya, kadar likopen dalam semangka akan meningkat hingga 40 persen jika diletakkan di dalam suhu ruangan. Menurut studi yang dimuat dalam Journal of Nutrition, kandungan asam amino arginine, yang bisa membantu penurunan berat badan, dalam buah ini juga akan bertambah banyak jika tak disimpan dalam kulkas. Selain itu, kelebihan lain buah ini adalah bisa berfungsi seperti “viagra alami” karena mengandung citrulline. 2. Tomat Buah
  • 11

    Jul

    Jangan Pernah Melewatkan Sarapan Pagi

    Sarapan atau breakfast berarti berbuka puasa setelah malam hari kita tidak makan. Karena itu, sarapan adalah saat makan paling penting dalam sehari. Sayangnya, sarapan seringkali diabaikan oleh banyak orang. Padahal, pengabaian itu dapat berakibat serius terhadap kesehatan kita. Makanlah secara benar dengan energi ang cukup untuk memulai hari Anda. Manfaat sarapan adalah meningkatkan kemampuan otak, menjaga tubuh tetap langsing dan meningkatkan semangat atau suasana hati kita. Breakfast is the most important meal of the day?. kata Dr. Luigi Gratton, Vice President for Education of Herbalife International. Sarapan memang membantu mengen
- Next

Author

Follow Me